Sebagai wujud perhatian, pada Kamis (16/9), Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) melakukan kunjungan ke rumah Ketua Komisi Pengawas (Komwas) Peradi Periode 2020-2025, Almarhum Binsar S. Sitompul, S.H., M.H. di Kompleks Antapani Bandung. Kunjungan ini diterima oleh istri dan putra sulung Almarhum, Billy Sitompul yang kini menjabat sebagai Kepala Seksi Datun Kejari Kuangsing Riau.


Pada pertemuan, Peradi menyampaikan dukacita yang mendalam, sekaligus apresiasi tinggi atas kinerja Almarhum pada organisasi. Pada saat yang sama, Peradi juga menyerahkan Santunan Tali Kasih, yang diwakili oleh Ketua Harian, R. Dwiyanto Prihartono didampingi beberapa pengurus Peradi, yaitu Sekretaris Jenderal, H.Hermansyah Dulaimi; Bendahara Umum, Nyana Wangsa; Ketua Dewan Kehormatan Pusat, Adardam Achyar; Wakil Ketua Umum, Shalih Mangara Sitompul; Ketua Dewan Kehormatan Daerah Bandung (DKD Bandung), Dedi Sukardan; dan Koordinator Wilayah Jawa Barat, Rinal S. Kusumah.


Kesedihan mendalam atas kepergian Binsar S. Sitompul ini dirasakan pula oleh Ketua Umum DPN PERADI Prof. Otto Hasibuan, S.H., M.M. Menurutnya, Almarhum adalah sosok yang selalu sangat antusias dan konsisten dalam memantau maupun menyelesaikan setiap pengaduan-pengaduan yang masuk ke Peradi. Sebagai Ketua Komwas periode 2015-2020 dan 2020-2025, ia telah memimpin Komwas, sehingga fungsi ini dapat aktif bekerja dengan baik dan lancar. Sebagai seorang advokat senior yang berperan aktif, Peradi merasa kehilangan advokat terbaik yang memiliki loyalitas dan pengabdian sangat konsisten pada organisasi.


''Ketika mendengar berita tentang sakitnya Binsar Sitompul, saya langsung menelepon Adardam. Saya katakan, ‘Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu Binsar?’. Kemudian Adardam berbicara kepada saya usai berbicara dengan putri Binsar. Setelah mendengar kondisi yang sudah memburuk, Adardam bilang ‘Hanya doa saja, Bang, yang bisa kita lakukan’. Saya jawab, ‘Kalau begitu, marilah kita berdoa untuk Binsar’. Tadi malam, sebelum tidur saya berdoa untuk Binsar. Di pagi hari, saya berdoa lagi dan sehabis doa, saya membuka handphone mendapati berita dari Adardam ternyata Binsar telah menghadap Tuhan. Selamat jalan, selamat jalan sahabatku, Binsar yang baik hati. Kami sangat sedih dan berduka. Beliau adalah pejuang. Jasamu tak akan kami lupakan,” kata Otto.


Binsar S. Sitompul adalah seorang senior dan tokoh pejuang organisasi profesi advokat. Sebagai pengurus DPN Peradi, ia selalu hadir dalam rapat, sekalipun ia berdomisili di Bandung. Ia bahkan tak ragu untuk menempuh perjalanan dengan kereta api, sebagai wujud komitmen dan tanggung jawabnya pada organisasi. Banyak kenangan bersama dirasakan pengurus dan pimpinan yang tak bisa dilupakan, karena ia sangat menghargai rekan satu profesi, termasuk advokat-advokat muda. Ia juga selalu taat asas, sekalipun pemikirannya berbeda dan merdeka, sebuah contoh kematangan berorganisasi. Binsar S. Sitompul berpulang ke Rahmatullah karena sakit pada Minggu 12 September 2021, pukul 02.00 WIB. di Rumah Sakit Advent, Bandung.


Dua minggu sebelumnya, Komisi Pengawas Peradi juga telah kehilangan seorang anggotanya, Almarhum Tasman Gultom yang berpulang ke Rahmatullaah pada tanggal 30 Agustus 2021. “Semoga kedua Almarhum diterima amal ibadahnya, diampuni segala dosa dan kekhilafan semasa hidupnya, serta diberikan tempat yang indah disisi Allah SWT. Kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga diberikan ketabahan dan keikhlasan, amin,” pungkas Otto.



Sumber:https://www.hukumonline.com/berita/baca/lt6146eafe59567/sampaikan-dukacita-mendalam--dpn-peradi-kunjungi-keluarga-alm-ketua-komwas/?page=2

SEKRETARIAT DPN PERADI

Grand Slipi Tower, Lantai 11. JL. S. Parman Kav. 22-24 Jakarta 11480-Indonesia

T: +62 21 29252303, +62 21 29252304, E: info@peradi.or.id

Copyright © Perhimpunan Advokat Indonesia 2015