Pengacara Otto Hasibuan mengatakan Mahkamah Agung (MA) telah menolak upaya hukum kasasi yang diajukan oleh Luhut Pangaribuan terkait pengurus sah Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).

 

MA menyatakan Peradi di bawah kepempimpinan Otto Hasibuan merupakan kepengurusan yang sah. “Berdasarkan putusan di website Mahkamah Agung, tenyata kasasi yang diajukan oleh pihak Luhut Pangaribuan itu dinyatakan ditolak oleh Mahkamah Agung dengan putusan Nomor 3085 K/PDT/2021, kata Otto kepada wartawan, Jumat (12/11).

 

Menurut Otto, kubu Luhut Pangaribuan awalnya mengajukan kasasi ke MA atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang menyatakan Peradi di bawah kepemimpinannya sebagai kepengurusan organisasi Peradi yang sah.

 

PT DKI Jakarta menyatakan munas yang digelar oleh Peradi Otto Hasibuan merupakan yang sah. Putusan MA tersebut memperkuat putusan PT DKI Jakarta. “Dengan ditolaknya itu, maka Peradi kamilah yang sah secara hukum,” ujarnya.

 

Otto menambahkan dengan putusan MA yang telah berkekuatan hukum tetap tersebut, organisasi dan kepengurusan yang memakai nama Peradi di luar pihaknya adalah tidak sah.  ‎“Karena munasnya hanya satu yang sah, dan kami yang dinyatakan sah, berarti yang lainnya, yang dua itu pun menjadi tidak sah. Logikanya kan begitu,” tegas dia.

 

Berdasarkan putusan tersebut, Otto mengatakan pihaknya akan segera meminta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) mencatatkan susunan pengurus Peradi pihaknya sebagai badan hukum yang sah.

 

“Saya mengimbau kepada pihak-pihak lain yang mengaku dirinya Peradi agar tidak lagi memakai Peradi karena Peradi yang sah itu hanya satu-satunya Peradi yang kami pimpin sekarang,” tegas Otto. (cuy/jpnn)

 

https://www.jpnn.com/news/otto-hasibuan-sesuai-keputusan-ma-kami-peradi-yang-sah

SEKRETARIAT DPN PERADI

Grand Slipi Tower, Lantai 11. JL. S. Parman Kav. 22-24 Jakarta 11480-Indonesia

T: +62 21 29252303, +62 21 29252304, E: info@peradi.or.id

Copyright © Perhimpunan Advokat Indonesia 2015