Detail 
 
[2006-02-16 00:00:00]
Keterangan Pers Peradi - Laporan TTF Kasus Probosutedjo

KETERANGAN PERS

DEWAN PIMPINAN NASIONAL

PERHIMPUNAN ADVOKAT INDONESIA (“DPN PERADI”)

 

DPN PERADI memutuskan untuk mengadukan tiga orang anggotanya ke Dewan Kehormatan PERADI. Pengaduan akan dilakukan karena ketiga Advokat tersebut diduga telah melanggar Kode Etik Advokat Indonesia ketika melaksanakan tugas profesi mereka.

 

Keputusan untuk mengadukan ketiga Advokat tersebut diambil oleh Rapat DPN PERADI tanggal 13 Februari 2006 setelah mendengarkan Laporan Pendahuluan Tim Pencari Fakta Untuk Kasus Penyuapan Yang Diduga Dilakukan Oleh Advokat Kuasa Hukum Probosutedjo (“TPF”) dan perkembangan kasus-kasus suap lainnya yang diduga melibatkan Advokat. TPF tersebut dibentuk DPN PERADI dengan Surat Keputusan No. KEP.06/DPN-PERADI/2005 tanggal 26 Oktober 2005 terdiri dari Jimmy Budi Haryanto, S.H., MBA., Drs. Henson, S.H., Leonard Simorangkir, S.H., Sugeng Teguh Santoso, S.H., Abd. Rahim Hasibuan, S.H., dan Drs. Taufik C.H., M.H.

 

Pemberhentian Tetap

 

Advokat Sonny J. Lumantow telah diberhentikan secara tetap dari profesinya oleh DPN PERADI pada 13 Februari 2006. Pemberhentian itu dilakukan dengan mempertimbangkan: (i) permohonan Sonny sendiri yang disampaikan dalam suratnya tertanggal 19 Januari 2006; (ii) laporan dari Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Advokat Indonesia DKI Jakarta tanggal 25 Oktober 2005 yang melampirkan surat dari Dekan Fakultas Hukum Universitas Trisakti (“FHUT”) No. 5053/D/FH/X/2005 tanggal 25 Oktober 2005; dan (iii) temuan TPF sendiri. Selanjutnya, Sonny juga telah menyerahkan Kartu Tanda Pengenal Advokat yang dimilikinya kepada PERADI.

 

Pemberhentian secara tetap ini adalah sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat (“UU Advokat”). Menurut pasal 9 ayat (1) UU Advokat, Advokat dapat berhenti atau diberhentikan dari profesinya oleh Organisasi Advokat. Selanjutnya, pasal 10 ayat (1) antara lain menyebutkan bahwa Advokat dapat diberhentikan dari profesinya secara tetap karena permohonan sendiri atau berdasarkan keputusan Organisasi Advokat.

 

Jakarta, 14 Februari 2006

 

Ttd.                                                                               Ttd.

 

Otto Hasibuan, S.H., M.M.                                Harry Ponto, S.H., LL.M.

Ketua Umum                                                                 Sekretaris Jenderal

Copyright @ 2005 - PERADI ( PERHIMPUNAN ADVOKAT INDONESIA) - design by langIT